Tentang Ku

Makalah PPDB Online>@ibnew_d



Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi saat ini makin pesat, kebutuhan akan informasi pun meningkat dan pengolahan data dalam banyak aspek kehidupan manusia sangat penting. Dari perkembangan teknologi yang demikian pesat berdampak pada seluruh kehidupan khususnya penyediaan informasi pada suatu instansi/organisasi atau perusahaan yang membutuhkan sistem pengolahan data secara cepat , tepat, akurat . Untukmenunjang efektifitas, produktifitas, dan efisiensi dalam suatu instansi/organisasi atau suatu perusahaan dalam menyelesaikan masalah administrasi dan menejemen.
Adapun seperti memberikan pelayanan kepada calon siswa baru, maka diperlukan penyusunan suatu sistem pepengelolaan data terkomputerisasi yang baik dan berdaya guna. Sistem tersebut diharapkan dapat mempermudah dan memper cepat dalam pengambilan keputusan dalam organisasi/instansi tersebut.
Pengelolaan  informasi pendaftaran siswa baru secara online bertujuan untuk menciptakan kinerja yang efektif dan efisien yang dapat mencakup setiap calon-calon siswa baru di setiap tempat. Dan juga memperkecil biaya yang dikeluarkan.

1.2 Identifikasi Masalah

1         Dalam penerimaan siswa baru yang masih membutuhkan banyak biaya waktu, dan proses yang manual dikembangkan menjadi sistem yang terkomputerisasi dalam suatu jaringan internet atau secara online.
2         Dalam sistem PPDB Online membutuhkan sistem dan proses yang jelas dan tertata.
3         Sistem pembayaran yang dilakukan secara langsung kini berkembang dengan melalui transfer rekening bank

1.3 Rumusan Masalah

1         Bagaimana mengembangkan suatu sistem PPDB dari yang secara manual menuju Online.
2         Bagaimana tatanan sistem yang digunakan dalam proses PPDB Online

1.4 Tujuan Penulisan
1         Menunjuk kepada mahasiswa dan pembaca bagaimana sistem informasi yang digunakan dalam proses PPDB online
2         Sebagai salah satu tugas mata kuliah Sistem Informasi Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika Universitas Surakarta
Pembahasan

2.1 Pengertian Sistem
         
          Sistem adalah suatu jairngan kerja yang tersiri dari elemen-elemen / data-data yang saling berhubungan untuk melakukan suatu kegiatan dalam menyelesaikan tujuan.
1.    Definisi Data
Data adalah kelompok teratur simbol-simbol yang mewakili kwantitas, tindakan,benda,dan sebagainya yang disusun untuk diolah dalam bentuk struktur data, struktur file dan basis data.
2.    Definisi Sistem
Sistem adalah suatu kegiatan/proses data yang saling berhubungandan berinteraksi dalam sauatu tujuan.
3.    Definisi Informasi
Informasi adalah data yang telah diolah menjdi bentuk yang lebih berguna atau dibutuhkan bagi penggunanya yang menggambarkan suatu hal-hal yang nyata yang dapat digunakan untuk membatu pengambilan keputusan.

2.3 Media Yang Digunakan
          2.3.1 PPDB Home Page Web
PPDB Home Page Web adalah web yang dibuat oleh kebijakan Pemerintah Setempat yang nantinya digunakan oleh calon siswa untuk mendaftarkan dan melihat informasi pendaftaran yang telah dilakukan. Web ini di desai dapat di buka oleh PC dengan menggunakan koneksi Inetrnet dan juga dibuka menggunakan smartphone.
          2.3.2 Rekening bank
Pihak sekolah yang bersangkutan menggunakan jasa transfer melalui rekening bank untuk proses pembayarannya sehingga siswa tidak perlu repot-repot dalam melakukan pembayaran.



2.4 Proses Pendaftaran
2.4.1 Mendaftarkan Diri
Calon peserta didik mendaftarkan diri secara online melalui PPDB Home Page yang telah disediakan oleh Pemerintah setempat. Calon peserta didik diwajibkan mengisi formulir yang berisikan data mereka dengan dua langkah, yaitu pertama mereka mengisi secara online pendaftaran mereka lalu merekaharus mencetak formulir pendafataran mengisinya dan menyerahkan nya ke administrasi sekolah yang mereka tuju.
2.4.2 Pembayaran dan Bukti Pendaftaran
Setelah mereka melakukan registrasi secara online mereka diwajibkan melakukan pembayarang administrasi registrasi dengan melakukan transfer melalui bank ke rekening yang suda ditentukan oleh pihak sekolah. Lalu menunjukkan bukti pembayarang dan menyerahkan berkas yang pendaftaran.
2.4.4 Memantau Hasil Seleksi
Setelah proses registrasi pihak sekolah akan mencantumkan nama siswa yang masuk seleksi. Dan siswa diharapkan untuk memantau perkembangan perubahan hasil seleksi setiap hari selama masa registrasi hingga registrasi ditutup.
2.4.5 Melengkapi Pembayaran Dana Bantuan, SPP dan Lain-lain
Setelah registrasi ditutup hasil akhir seleksi yang terpampang pada website PPDB tersebut menunjukkan hasil akhir yang terseleksi dan tereliminasi. Bagi siswa yang lolos seleksi diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang dengan membayar biaya SPP, Dana Bantuan dan lain-lain dengan mentransfer melalui bank dan menyerahkan bukti pembayarannya ke administrasi (sebagian sekolah masih melakukan pembayaran ini secara manual). Apabila tida segera melakukan registrasi ulang siswa dinyatakan gugur atau mengundurkan diri.


Penutup

Kesimpulan
Proses PPDB online yang telah dijalankan merubah sistem manual yang dahulunya menggunakan pembukuan dan proses tertulis kini menggunakan sistem terkomputerisasi yang mana mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran dan administrasi. Hanya dengan melakukan pendaftaran online lalu penyerahan bukti dan sesi seleksi calon siswa calon siswa lebih efektif dan efisien dalam prosesnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Ibnu Darmawan