Tentang Ku

Makalah Jaringan Komputer



PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Zaman sekarang,kebutuhan manusia dalam akses data semakin meningkat, ini disebabkan adanya pola pergeseran hidup manusia ke arah yang lebih berkembang.dengan pemanfaatan komputer hal ini dapat terfasilitasi dengan cepat.akibatnya akan terjadi keefisiensian waktu,biaya dan resource,sehingga akan menghasilkan output yang optimal.disisi lain kebutuhan akan akses data itu terhalangi oleh adanya jarak dan waktu, terkadang kita membutuhkan akses informasi teman /saudara kita yang berada dinegara yang berbeda.
Dengan adanya jaringan komputer, hal ini bisa teratasi bukan hanya jarak akan tetapi perbedaan waktupun dapat selalu diakses.Internet dan World Wide Web (WWW) sangat populer diseluruh dunia.banyak masyarakat yang membutuhkan aplikasi yang berbasis internet ,seperti E-mail & akses web melalui internet.sehingga makin banyak aplikasi bisnis yang berkembang berjalan diatas Internet.

1.2 Rumusan Masalah
Dalam menyusun makalah ini, penulis merumuskan beberapa masalah yang berkaitan dengan:
Definisi Jaringan Komputer
Topologi Jaringan Komputer
Peralatan yang dibutuhkan dalam membangun Jaringan Komputer
Software yang dibutuhkan dalam membangun Jaringan Komputer
Contoh A[likasi Jaringan Komputer

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penyusun makalah ini yaitu sebagai berikut:
              Untuk menambah ilmu & pengetahuan mengenai masalah yang diangkat dalam makalah.Untuk memberikan keterampilan baru dibidang IT.

1.4 Metode Penulisan
Dalam menyusun makalah ini,penulis mengkaji pembahasan & browsing data dari Internet

1.5 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dalam penyusunan makalah ini yaitu sebagai berikut







BAB I
Pengertian Jaringan

A.Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah” interkoneksi” antara dua komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (Wireless).
Autonomous adalah apabila sebuah komputer tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh,sehingga dapat membuat komputer lain restart,shutdown,kehilangan file atau kerusakan sistem.
            Dalam definisi networking yang lain autonomous dijelaskan sebagai jaringan yang independent dengan menejemen sistem sendiri (punya admin sendiri),memiliki topologi jaringan hardware dan software sendiri dan koneksikan dengan jaringan autonomous yang lain (internet merupakan contoh kumpulan jaringan autonomous yang besar)
            Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data atau informasi,berbagi resource yang dimiliki seperti:fili,printer,media penyimpanan (hardisk,floppy disk,CD-ROM,flashdisk,dll).Data yang berupa teks,audio maupun video,bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless) sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file atau data mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware atau software yang terhubung dalam jaringan bersama-sama.
            Tiap komputer,printer,atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan “node”.sebuah jaringan komputer sekurang kuranganya terdiri dari dua unit komputer atau lebih,dapat berjumlah puluhan komputer,ribuan komputer atau bahkan berjutaan node yang saling terhubung satu sama lain.
            Didalam jaringan komputer dikenal antar node atau komputer,yakni:

1.      Peer to peer
Peer artinya rekan sekerja. Peer to peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer,terhubung langsung dengan kabel crossover atau wireless atau dengan perantaran hubungan/switch
Komputer pada jaringan peer to peer ini biasanya berjumlah sedikit dengan 1-2 printer.untuk pengguna khusus,seperti laboratorium komputer,riset dan beberapa hal lain maka model peer to peer ini bisa saja dikembangkan untuk koneksi lebih dari 10-100 komputer
Misal terdapat beberapa unit komputer dalam satu departemen diberi nama grup sesuai dengan departemen yang bersangkutan.masing-masing komputer diberi alamat IP dari satu kelas IP yang sama agar bisa sharing untuk bertukar data atau resource yang dimiliki komputer masing-masing seperti printer ,cdrom ,file dan lain-lain

2.      Client – Server
Client – server merupakan model jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer server yang memberikan resource-nya kepada komputer lain atau client dalam jaringan,server akan mengatur mekanisme akses resource yang boleh digunakan,serta mekanisme komunikasi antar node dalam jaringan.
Client hanya bisa menggunakan resource yang disediakan server sesuai dengan otoritas yang diberikan oleh administrator.aplikasi yang dijalankan pada sisi client bisa saja merupakan resource yang tersedia diserver.namun hanya bisa dijalankan setelah terkoneksi ke server.pada implementasi software aplikasi yang diinstall disisi client berbeda  yang digunakan di server
BAB II
SEJARAH JARINGAN

A.Sejarah Jaringan

            Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer,maka sebuah komputer mesti melayani terminal (lihat gambar dibawah).Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), dan untuk pertama kali terbentuklah jaringan (network) komputer pada lapis aplikasi.
            Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

            Pada tahun 1957 Advenced Research projects agency (ARPA) dibentuk oleh departement of Defence (DOD) USA, 1967 disain awal dari ARPANET di terbitkan dan tahun 1969 DOD menggelar pengembangan ARPANET dengan mengadakan riset untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik (program ini dikenal dengan nama ARPANET).

            Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara seri untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara pararel di setiap host komputer.Pada proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

            Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep disteribusi sudah matang, maka pengguna komputer dan jaringannya sudah mulai beragam, dan mulai menangani proses bersama-sama maupun komunikasi antar komputer tanpa melalui kendali komputerpusat.untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN.Demikian pula ketika internet mulai memperkanalkan, maka bsebagian besar LAN yang berdirisendiri mulai berhubungan satu sama lain, hingga terbentuklah jaringan raksasa WAN.
















BAB III
 TUJUAN JARINGAN KOMPUTER
1.Tujuan Jaringan Komputer
            Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.
Di bawah ini ada beberapa uraian tentang tujuan jaringan komputer :
1.        Sharing Resource
Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, dan khususnya data digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai. Contohnya adalah pemakaian printer secara bersama-sama (printer sharing).
2.      Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna yang jaraknya saling berjauhan. Komunikasi ini dapat mengirimkan informasi dalam bentuk gambar,suara,text yang sering disebut dengan teleconfrence atau suara saja (VOIP)
3.        Integrasi Data
Dengan jaringan komputer proses pengolahan data tidak harus dilakukan pada satu komputer  saja, tetapi dapat dilakukan di komputer-komputer yang lain. Oleh karena itu akan dapat terbentuk data yang terintegrasi sehingga memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat. Contohnya adalah program database yang bersifat clientserver.
4.      Hiburan
Jaringan komputer dapat memberikan saran hiburan bagi manusia
Contohnya adalah chating,game online.dll
5.      Efisien (hemaat) waktu,tenaga dan informasi yang terkini.
Jaringan komputer yang dapat mengintegrasi data, komunikasi pengguna jarak jauh, beebagi data,tentunya akan dapat menghemat waktu dalam pencarian data dan data yang dihasilkan adalah data terkini.Dalam membangun sebuah jaringan kompuetr ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipertimbngkan antara lain meliputi; struktur bangunan, jangkauan area jaringan, kecepatan akses, biaya operasional, pemeliharaan,hardware dan software yang digunakan dan sebagainya.


BAB IV
TOPOLOGI JARINGAN
1.Topologi jaringan
Topologi menggambarkan struktur dari suatu jaringan atau bagaimana sebuah jaringan didesain. Pola ini sangat erat kaitannya dengan metode acces dan media pengiriman yang digunakan. Topologi yang ada sangatlah tergantung dengan letak geografis dari masing-masing terminal,kualitas kontrol yang dibutuhkan dalam komunikasi ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman data. Dalam definisi topologi terbagi menjadi 2 yaitu;
1.      Topologi fisik (physical topologi) yang menunjukan posisi pemasangan kabel secara fisisk
Adapun topologi fisik yang umum digunakan dalam membangun sebuah jaringan adalah:
a.    Point to Point (titik ke titik)
Jaringan kerja titik ke titik merupakan jaringan kerja yang sangat sederhana,begitu sederhananya sering kali tidak di anggap sebagai suatu jarigan tetapi hanya merupakan komunikasi biasa.Dalam hal ini,kedua simpul memepunyai kedudukan yang setingkat,sehingga simpul manapun dapat memulai dan mengendalikan hubungan dalam jaringan tersebut.Data dikirim dari satu simpul langsung kesimpulainya sebagai penerima,misalnya antar terminal dengan CPU.
Topologi jaringan Point to Point (Titik ke-Titik)
GAMBAR.POINT TO POINT

b.    Star Network (jaringan bintang)
Dalam konfigurasi bintang,beberapa peralatan akan dihubungkan kedalam satu pusat komputer,misalnya mengatur beban kerja serta mengatur sumber daya yang ada.Dalam hal ini bila pusat mengalami gangguan maka terminal juga akan terganggu.Model jaringan bintang ini relatif sederhana sehingga banyak digunakan oleh pihak perbankkan yang biasanya mempunyai kantor cabang yang tersebar diberbagai lokasi.Dengan adanya jaringan bintang segala macam kegiatan kantor dapat dikontrol dan di koordinasikan dengan baik,Disamping itu, dunia pendidikan juga banyak memanfaatkan jaringan bintang untuk mengontrol kegiatan anak didik mereka
Topologi jaringan Star Network (Jaringan Bintang)
GAMBAR STAR NETWORK

c.    Ring Network (jaringan cincin)
Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatan yang saling dihubungkan satu dengan yang lainnya dan pada akhirnya akan membentuk bagan seperti cincin.Jaringan cincin tidak memiliki suatu titik yang bertindak sebagai pusat ataupun pengatur lalu lintas data, semua simpul mempunyai tingkatan yang sama.Data yang dikirim akan berjalan melewati beberapa simpul sehinga sampai pada simpul yang dituju menyampaikan data jaringan bisa bergerak dalam satu ataupun dua arah.Apabila ditemui kegagalan misalnya terdapat kerusakan pada peralatan yang ada maka data yang akan dikirim dengan cara ke dua yaitu pesan kemudian ditransmisikan dalam arah yang berlawanan dan pada akhirnya bisa berakhir pada tempat yang dituju.Konfigurasi seperti ini lebih mahal dibandingkan dengan jaringan bitang.

Topologi jaringan Ring Networks (Jaringan Cincin)

GAMBAR.RING NETWORK

d.   Tre Network (jaringan pohon)
Pada jaringan pohon,terdapat beberapa tingkat simpol (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya,dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya.Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu.Keunggulan jaringan model pohon seperti ini adalah dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat.Sebagai contoh perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan.
Topologi jaringan Tree Network (Jaringan Pohon)
GAMBAR.TRE NETWORK

e.    Bus Network (jaringan bus)
Konfigurasi lainnya dikenal dengan istilah busnetwork, yang cocok digunakan untuk daerah yang tidak terlalu luas. Setiap komputer (setiap simpul ) akan dihubungkan dengan sebuah kabel komunikasi melalui sebuah interface.Dalam hal ini jaringan tidak tergantung kepada komputer yang ada dipusat, sehingga salah satu peralatan atau salah satu simpul  mengalami kerusakan sistem dapat broprasi.Keunggulan topologi bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lainnya.
Topologi jaringan Bus Network Konfigurasi
GAMBAR BUS NETWORK

f.     Plex Network (jaringan kombinasi)
Jaringankombinasi merupakan jaringan yang benar-benar interaktif, dimana setiap simpul mempunyai kemampuan untuk mengaccess secara langsung tidak hanya terhadap komputer,tetapi juga dengan peralatan ataupun simpul yang lain. Secara umum, jaringan ini mempunyai bentuk mirip dengan jaringan bintang. Organisasi data yang ada menggunakan desentralisasi,sedang untuk melakukan perawatan. Digunakan fasilitas sentralisasi.
Topologi jaringan Plex Network (Jaringan Kombinasi)
GAMBAR PLEX NETWORK

2.      Topologi logik (logikal topologi) yang menunjukan bagaimana suatu media diakses oleh host.
Adapun topologi logik terbagi menjadi 2 yaitu:
a.       Topologi Broadcast
Secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan.
b.      Topologi Token Passing
Mengatur pengiriman data pada host melalui media dengan menggunakan token yang secara teratur berputar pada seluruh host.Host hanya dapat mengirim data hanya jika host tersebut memiliki token.Dengan token ini collison dapat dicegah.
Faktor-faktor yang perlu mendapat pertimbangan untuk pemilihan topologi adalahsebagai berikut:
1.Biaya
                Sistem apa yang paling efisien yang dibutuhkan dalam organisasi
2.Kecepatan
    Sampai sejauh mana kecepatan yang dibutuhkan dalam sistem
3.Lingkungan
Misalnya listrik atau faktor-faktor lingkungan yang lain, yang berpengaruh pada jenis       perangkat keras yang digunakan
  4.Ukuran
Sampai seberapa besar ukuran jaringan. Apakah jaringan memerlukan file server atau sejumlah server khusus
             5.Konektifitas
Apakah pemakai yang lain menggunakan komputer laptop perlu mengakses jaringan dair  berbagai lokasi

BAB V
MACAM-MACAM JARINGAN

1.Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat 2 tipe jaringan atau LAN,yaitu jaringan Peer  To Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation. Antara dua tipe jaringan tersebut masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, di mana masing-masing akan di jelaskan.
LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu:
·         Komponen fisik Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), KBEL, Topologi jaringan
·         Komponen software Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol jaringan.
Jaringan ini disebut sebagai jaringan area, yaitu jaringan yang terbatas untuk area kecil, seperti pada lingkungan perkantoran di sebuah gudang, sekolah, atau kampus. Dalam jaringan LAN, terdapat satu komputer yang biasa disebut server, yang fungsinya adalah untuk memberikan layanan perangkat lunak (software), mengatur aktivitas jaringan dan menyimpan file. Selain server ada pula komputer lain yang terhubung dalam jaringan (network) yang di sebut dengan workstation (client). Pada umumnya teknologi jaringan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan komputer-komputer yang di gunakan.
LAN dapat di bedakan berdasarkan tiga karakteristik, yaitu ukuran, teknologi, transmisi, dan topologinya. Teknologi transmisi yang bisa digunakan adalah transmisi kabel tunggal. Pada LAN biasa, kecepatan transmisi sekitar 10-100 (Megabit/second), dan fakto kesalahan kecil. Topologi yang digunakan biasanya topologi Bus,Star dan Ring.

GAMBAR
http://3.bp.blogspot.com/_jA-h81OtlU8/SKzdSyDFE4I/AAAAAAAAACE/g5ocPPN6hdw/s400/lan.png
GAMBAR JARINGAN LAN

2.Wide Area Network (WAN)

  Jaringan ini mencakup area yang luas dan mampu menjangkau batas propinsi bahkan sampai negara yang ada dibelahan bumi lain. Jaringan WAN dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan menggunakan satelit atau kabel bawah laut. Topologi yang digunakan WAN menggunakan topologi tak menentu sesuai dengan apa yang akan digunakan. Topologi jaringan (bentuk jaringan ) Topologi Jaringan adalah gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen-komponen jaringan, yang meliputi server, workstation,hub/Switch dan pengkabelannya.
http://1.bp.blogspot.com/_jA-h81OtlU8/SKzeWjbkwDI/AAAAAAAAACU/BjlxSzyMRXs/s400/WAN.png
GAMBAR JARINGAN WAN

Terdapat tiga macam topologi jaringan umum di gunakan, yaitu Bus, Star dan Ring.
Topologi jaringan merupakan suatu pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer. Pola ini sangat erat kaitannya dengan metode access dan media pengiriman yang digunakan. Topologi yang ada sangatlah tergantung dengan letak geografis dari masing-masing terminal, kualitas kontrol yang di butuhkan dalam komunikasi ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman data.

3.JARINGAN INTERNET
Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah. Internet bisa dikatakan perpaduan antara berbagai jenis jaringan komputer beserta topologi dan tipe jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.

Keuntungan dari jenis jaringan internet diantaranya adalah komunikasi dan berbagai sumber daya daru satu jaringan ke jaringan yang lain menjadi lebih mudah,penyebaran ilmu pengetahuan menjadi lebih pesat, penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan mudah dan menjadi ladang untuk memperoleh penghasilan.

Kerugian dari jenis jaringan internet diantaranya adalahkejahatan dunia maya atau cyber criminal menjadi luas, pornografi menjadi semakin luas, transaksi barang-barang ilegal seperti narkoba menjadi marak, dan juga dapat menimbulkan fitnah karena penyampaian informasi yang salah.

4.JARINGAN KEAMANAN
Keamanan Jaringan adalah suatu cabang yang dikenal dengan nama KEAMANAN INFORMASI yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.
Macam-macam ancaman keamanan jaringan antara lain :
a.       Hacking
b.      Trojan dalam sistem komputer
c.       Threat
d.      Exploit
e.       Denial of Service
f.       Bandwhith atau lebar pita
g.      Cracker
h.      Digital Signature
Jaringan internet bersifat pablik. Sehingga memungkinkan bisa disadap oleh pihak lain. Untuk itu keamanan menjadi useful terhadap kenyamanan jaringan komputer dan vulnerability satu jaringan.

Adapun yang termasuk sistem keamanan komputer sebagai berikut ;
·       Hacker
·       Craker
·       White Hat
·       Black Hat
·       Script Kiddies
·       Elite Haker
·       Vulnerable
·       Security Hole
·       Bug
·       Exploit
·       Logical Bomb
·       Penetration Testing
Uji coba yang melakukan vertifikasi dari mekanisme perlindungan yang di buat oleh sistem/ penguji terhadap kelemahan sistem informasi perusahaan
Keamanan jaringan komputer terutama jika kita menghubungkan komputer misalnya di lab komputer kantor atau jaringan komputer rumah.keamanan jaringan melibatkan otoritas akses ke data dalam jaringan, yang di kendalikan oleh administrator jaringan.Pengguna memilih atau mempunyai ID dan pasword atau informasi otentikasi lain yang memungkinkan mereka akses ke informasi dan program-program dalam otoritas mereka.
Keamanan jaringan mencakup berbagai jaringan komputer baik negri maupun swasta yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari melekukan transaksi dan komunikasi di kalangan bisnis,instansi pemerintah dan individu
Jika diamati mengenai keamanan maka keamanan jaringan komputer dapat di tinjau dari segi bentuknya yaitu seperti berikut;
a.keamanan hardware
b.keamanan soft ware
           
























BAB VI
KESIMPULAN
A.Kesimpulan

Jaringan komputer (jarkom) adalah “interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti:file,printer,media penyimpanan (hardisk,floppy disk,cd-rom,flash disk,dll).
Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan “node”. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangya terdiri dari dua unit komputer atau lebih.

Peer to peer adalah suatu model dimana tiap PC dapat memakai resource pada PC lain atau memberikan resourcenya untuk dipakai PC lain, tidak ada yang bertindak sebagai server yang mengatur sistem komunikasi dan penggunaan resource komputer yang terdapat dijaringan, dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama.

Client server merupakan modal jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer sebagai server yang memberikan resourcenya kepada komputer lain (client) dalam jaringan

6 komentar:

Unknown mengatakan...

oke siap bos good job

gatewan.com mengatakan...

Pranala--> MENGENAL JARINGAN KOMPUTER

Elpa Mey Liana mengatakan...

terima kasih, tulisan ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas.

htttp://blog.binadarma.ac.id/ariezaki/

Unknown mengatakan...

terima kasih .blog nya sangat bermanfaat bagi kami

My blog

Unknown mengatakan...

terimakasih article nya
My blog

Unknown mengatakan...

terimakasih, makalah ini sangat bermanfaat
My blog

Posting Komentar

 
Copyright © Ibnu Darmawan