PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Zaman
sekarang,kebutuhan manusia dalam akses data semakin meningkat, ini disebabkan
adanya pola pergeseran hidup manusia ke arah yang lebih berkembang.dengan
pemanfaatan komputer hal ini dapat terfasilitasi dengan cepat.akibatnya akan
terjadi keefisiensian waktu,biaya dan resource,sehingga akan menghasilkan
output yang optimal.disisi lain kebutuhan akan akses data itu terhalangi oleh
adanya jarak dan waktu, terkadang kita membutuhkan akses informasi teman
/saudara kita yang berada dinegara yang berbeda.
Dengan adanya
jaringan komputer, hal ini bisa teratasi bukan hanya jarak akan tetapi
perbedaan waktupun dapat selalu diakses.Internet dan World Wide Web (WWW)
sangat populer diseluruh dunia.banyak masyarakat yang membutuhkan aplikasi yang
berbasis internet ,seperti E-mail & akses web melalui internet.sehingga
makin banyak aplikasi bisnis yang berkembang berjalan diatas Internet.
1.2 Rumusan Masalah
Dalam menyusun
makalah ini, penulis merumuskan beberapa masalah yang berkaitan dengan:
Definisi
Jaringan Komputer
Topologi
Jaringan Komputer
Peralatan yang
dibutuhkan dalam membangun Jaringan Komputer
Software yang
dibutuhkan dalam membangun Jaringan Komputer
Contoh
A[likasi Jaringan Komputer
1.3 Tujuan
Penulisan
Adapun tujuan
dari penyusun makalah ini yaitu sebagai berikut:
Untuk menambah ilmu &
pengetahuan mengenai masalah yang diangkat dalam makalah.Untuk memberikan
keterampilan baru dibidang IT.
1.4 Metode
Penulisan
Dalam menyusun
makalah ini,penulis mengkaji pembahasan & browsing data dari Internet
1.5
Sistematika Penulisan
Sistematika
penulisan dalam penyusunan makalah ini yaitu sebagai berikut
BAB I
Pengertian Jaringan
A.Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah”
interkoneksi” antara dua komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan
media transmisi kabel atau tanpa kabel (Wireless).
Autonomous adalah apabila sebuah
komputer tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses
penuh,sehingga dapat membuat komputer lain restart,shutdown,kehilangan file
atau kerusakan sistem.
Dalam
definisi networking yang lain autonomous dijelaskan sebagai jaringan yang
independent dengan menejemen sistem sendiri (punya admin sendiri),memiliki
topologi jaringan hardware dan software sendiri dan koneksikan dengan jaringan
autonomous yang lain (internet merupakan contoh kumpulan jaringan autonomous
yang besar)
Dua unit
komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data atau
informasi,berbagi resource yang dimiliki seperti:fili,printer,media penyimpanan
(hardisk,floppy disk,CD-ROM,flashdisk,dll).Data yang berupa teks,audio maupun
video,bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel (wireless) sehingga
memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar
file atau data mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware atau
software yang terhubung dalam jaringan bersama-sama.
Tiap
komputer,printer,atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan
“node”.sebuah jaringan komputer sekurang kuranganya terdiri dari dua unit
komputer atau lebih,dapat berjumlah puluhan komputer,ribuan komputer atau
bahkan berjutaan node yang saling terhubung satu sama lain.
Didalam
jaringan komputer dikenal antar node atau komputer,yakni:
1.
Peer to peer
Peer artinya
rekan sekerja. Peer to peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari
beberapa komputer,terhubung langsung dengan kabel crossover atau wireless atau
dengan perantaran hubungan/switch
Komputer pada
jaringan peer to peer ini biasanya berjumlah sedikit dengan 1-2 printer.untuk
pengguna khusus,seperti laboratorium komputer,riset dan beberapa hal lain maka
model peer to peer ini bisa saja dikembangkan untuk koneksi lebih dari 10-100
komputer
Misal terdapat
beberapa unit komputer dalam satu departemen diberi nama grup sesuai dengan
departemen yang bersangkutan.masing-masing komputer diberi alamat IP dari satu
kelas IP yang sama agar bisa sharing untuk bertukar data atau resource yang
dimiliki komputer masing-masing seperti printer ,cdrom ,file dan lain-lain
2.
Client – Server
Client – server
merupakan model jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer server
yang memberikan resource-nya kepada komputer lain atau client dalam
jaringan,server akan mengatur mekanisme akses resource yang boleh
digunakan,serta mekanisme komunikasi antar node dalam jaringan.
Client hanya bisa
menggunakan resource yang disediakan server sesuai dengan otoritas yang
diberikan oleh administrator.aplikasi yang dijalankan pada sisi client bisa
saja merupakan resource yang tersedia diserver.namun hanya bisa dijalankan
setelah terkoneksi ke server.pada implementasi software aplikasi yang diinstall
disisi client berbeda yang digunakan di
server
BAB II
SEJARAH JARINGAN
A.Sejarah Jaringan
Ditahun 1950-an
ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer,maka
sebuah komputer mesti melayani terminal (lihat gambar dibawah).Untuk itu
ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama
TSS (Time Sharing System), dan untuk pertama kali terbentuklah jaringan
(network) komputer pada lapis aplikasi.
Pada
sistem TSS beberapa terminal terhubung ke sebuah host komputer. Dalam proses
TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang
pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Pada
tahun 1957 Advenced Research projects agency (ARPA) dibentuk oleh departement
of Defence (DOD) USA, 1967 disain awal dari ARPANET di terbitkan dan tahun 1969
DOD menggelar pengembangan ARPANET dengan mengadakan riset untuk menghubungkan
sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik (program ini dikenal
dengan nama ARPANET).
Dalam
proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara
seri untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara pararel di setiap
host komputer.Pada proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang
mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses
yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya
dalam satu perintah dari komputer pusat.
Selanjutnya
ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep disteribusi
sudah matang, maka pengguna komputer dan jaringannya sudah mulai beragam, dan
mulai menangani proses bersama-sama maupun komunikasi antar komputer tanpa
melalui kendali komputerpusat.untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan
lokal yang dikenal dengan sebutan LAN.Demikian pula ketika internet mulai
memperkanalkan, maka bsebagian besar LAN yang berdirisendiri mulai berhubungan
satu sama lain, hingga terbentuklah jaringan raksasa WAN.
BAB III
TUJUAN JARINGAN KOMPUTER
1.Tujuan Jaringan Komputer
Tujuan dibangunnya suatu jaringan
komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari
sisi pengirim (transmitter) menuju
kesisi penerima (receiver) melalui
media komunikasi.
Di bawah ini
ada beberapa uraian tentang tujuan
jaringan komputer :
1.
Sharing
Resource
Resource sharing
bertujuan agar seluruh program, peralatan, dan khususnya data digunakan oleh
setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi
resource dan pemakai. Contohnya adalah pemakaian printer secara bersama-sama
(printer sharing).
2. Media Komunikasi
Jaringan
komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna yang jaraknya saling
berjauhan. Komunikasi ini dapat mengirimkan informasi dalam bentuk
gambar,suara,text yang sering disebut dengan teleconfrence atau suara saja
(VOIP)
3.
Integrasi
Data
Dengan jaringan
komputer proses pengolahan data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, tetapi dapat dilakukan di
komputer-komputer yang lain. Oleh karena itu akan dapat terbentuk data yang
terintegrasi sehingga memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah
informasi setiap saat. Contohnya adalah program database yang bersifat
clientserver.
4. Hiburan
Jaringan komputer dapat memberikan saran
hiburan bagi manusia
Contohnya adalah chating,game online.dll
5. Efisien (hemaat) waktu,tenaga dan informasi
yang terkini.
Jaringan
komputer yang dapat mengintegrasi data, komunikasi pengguna jarak jauh, beebagi
data,tentunya akan dapat menghemat waktu dalam pencarian data dan data yang
dihasilkan adalah data terkini.Dalam membangun sebuah jaringan kompuetr ada
beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipertimbngkan antara lain meliputi;
struktur bangunan, jangkauan area jaringan, kecepatan akses, biaya operasional,
pemeliharaan,hardware dan software yang digunakan dan sebagainya.
BAB IV
TOPOLOGI JARINGAN
1.Topologi
jaringan
Topologi menggambarkan struktur
dari suatu jaringan atau bagaimana sebuah jaringan didesain. Pola ini sangat
erat kaitannya dengan metode acces dan media pengiriman yang digunakan.
Topologi yang ada sangatlah tergantung dengan letak geografis dari
masing-masing terminal,kualitas kontrol yang dibutuhkan dalam komunikasi
ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman data. Dalam definisi
topologi terbagi menjadi 2 yaitu;
1.
Topologi fisik (physical topologi) yang menunjukan
posisi pemasangan kabel secara fisisk
Adapun
topologi fisik yang umum digunakan dalam membangun sebuah jaringan adalah:
a.
Point to Point (titik ke titik)
Jaringan kerja titik ke titik merupakan jaringan kerja yang sangat
sederhana,begitu sederhananya sering kali tidak di anggap sebagai suatu jarigan
tetapi hanya merupakan komunikasi biasa.Dalam hal ini,kedua simpul memepunyai
kedudukan yang setingkat,sehingga simpul manapun dapat memulai dan
mengendalikan hubungan dalam jaringan tersebut.Data dikirim dari satu simpul
langsung kesimpulainya sebagai penerima,misalnya antar terminal dengan CPU.
GAMBAR.POINT TO POINT
b.
Star Network (jaringan bintang)
Dalam konfigurasi bintang,beberapa peralatan akan dihubungkan kedalam satu
pusat komputer,misalnya mengatur beban kerja serta mengatur sumber daya yang
ada.Dalam hal ini bila pusat mengalami gangguan maka terminal juga akan
terganggu.Model jaringan bintang ini relatif sederhana sehingga banyak
digunakan oleh pihak perbankkan yang biasanya mempunyai kantor cabang yang
tersebar diberbagai lokasi.Dengan adanya jaringan bintang segala macam kegiatan
kantor dapat dikontrol dan di koordinasikan dengan baik,Disamping itu, dunia
pendidikan juga banyak memanfaatkan jaringan bintang untuk mengontrol kegiatan
anak didik mereka
GAMBAR STAR NETWORK
c.
Ring Network (jaringan cincin)
Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatan yang saling dihubungkan
satu dengan yang lainnya dan pada akhirnya akan membentuk bagan seperti
cincin.Jaringan cincin tidak memiliki suatu titik yang bertindak sebagai pusat
ataupun pengatur lalu lintas data, semua simpul mempunyai tingkatan yang
sama.Data yang dikirim akan berjalan melewati beberapa simpul sehinga sampai
pada simpul yang dituju menyampaikan data jaringan bisa bergerak dalam satu
ataupun dua arah.Apabila ditemui kegagalan misalnya terdapat kerusakan pada
peralatan yang ada maka data yang akan dikirim dengan cara ke dua yaitu pesan
kemudian ditransmisikan dalam arah yang berlawanan dan pada akhirnya bisa
berakhir pada tempat yang dituju.Konfigurasi seperti ini lebih mahal
dibandingkan dengan jaringan bitang.
GAMBAR.RING NETWORK
d.
Tre Network (jaringan pohon)
Pada jaringan pohon,terdapat beberapa tingkat simpol (node). Pusat atau
simpul yang lebih tinggi tingkatannya,dapat mengatur simpul lain yang lebih
rendah tingkatannya.Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih
dahulu.Keunggulan jaringan model pohon seperti ini adalah dapat terbentuknya
suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat.Sebagai contoh perusahaan dapat
membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan serta pada kelompok
lain dibentuk untuk terminal penjualan.
GAMBAR.TRE NETWORK
e.
Bus Network (jaringan bus)
Konfigurasi lainnya dikenal dengan istilah busnetwork, yang cocok
digunakan untuk daerah yang tidak terlalu luas. Setiap komputer (setiap simpul
) akan dihubungkan dengan sebuah kabel komunikasi melalui sebuah
interface.Dalam hal ini jaringan tidak tergantung kepada komputer yang ada
dipusat, sehingga salah satu peralatan atau salah satu simpul mengalami kerusakan sistem dapat
broprasi.Keunggulan topologi bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan
workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation
lainnya.
GAMBAR BUS NETWORK
f.
Plex Network (jaringan kombinasi)
Jaringankombinasi merupakan jaringan yang benar-benar interaktif, dimana
setiap simpul mempunyai kemampuan untuk mengaccess secara langsung tidak hanya
terhadap komputer,tetapi juga dengan peralatan ataupun simpul yang lain. Secara
umum, jaringan ini mempunyai bentuk mirip dengan jaringan bintang. Organisasi
data yang ada menggunakan desentralisasi,sedang untuk melakukan perawatan.
Digunakan fasilitas sentralisasi.
GAMBAR PLEX NETWORK
2.
Topologi logik (logikal topologi) yang menunjukan
bagaimana suatu media diakses oleh host.
Adapun topologi logik terbagi menjadi 2
yaitu:
a.
Topologi Broadcast
Secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data
kepada seluruh host lain pada media jaringan.
b.
Topologi Token Passing
Mengatur pengiriman data pada host melalui media dengan menggunakan token
yang secara teratur berputar pada seluruh host.Host hanya dapat mengirim data
hanya jika host tersebut memiliki token.Dengan token ini collison dapat
dicegah.
Faktor-faktor yang perlu mendapat pertimbangan untuk pemilihan topologi
adalahsebagai berikut:
1.Biaya
Sistem apa yang paling efisien yang
dibutuhkan dalam organisasi
2.Kecepatan
Sampai sejauh mana kecepatan
yang dibutuhkan dalam sistem
3.Lingkungan
Misalnya listrik atau faktor-faktor lingkungan yang lain, yang
berpengaruh pada jenis perangkat
keras yang digunakan
4.Ukuran
Sampai seberapa besar ukuran
jaringan. Apakah jaringan memerlukan file server atau sejumlah server khusus
5.Konektifitas
Apakah pemakai yang lain
menggunakan komputer laptop perlu mengakses jaringan dair berbagai lokasi
BAB
V
MACAM-MACAM
JARINGAN
1.Local Area Network (LAN)
Local Area
Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama di dalam
satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalam satu kantor atau
gedung. Secara garis besar terdapat 2 tipe jaringan atau LAN,yaitu jaringan
Peer To Peer dan jaringan Client-Server.
Pada jaringan peer to peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat
bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan
Client-server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer
lain berperan sebagai workstation. Antara dua tipe jaringan tersebut
masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, di mana masing-masing akan di
jelaskan.
LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi
komponen hardware dan software, yaitu:
·
Komponen fisik Personal Computer (PC), Network
Interface Card (NIC), KBEL, Topologi jaringan
·
Komponen software Sistem Operasi Jaringan,
Network Adapter Driver, Protokol jaringan.
Jaringan ini disebut sebagai jaringan area, yaitu
jaringan yang terbatas untuk area kecil, seperti pada lingkungan perkantoran di
sebuah gudang, sekolah, atau kampus. Dalam jaringan LAN, terdapat satu komputer
yang biasa disebut server, yang fungsinya adalah untuk memberikan layanan
perangkat lunak (software), mengatur aktivitas jaringan dan menyimpan file.
Selain server ada pula komputer lain yang terhubung dalam jaringan (network)
yang di sebut dengan workstation (client). Pada umumnya teknologi jaringan LAN
menggunakan media kabel untuk menghubungkan komputer-komputer yang di gunakan.
LAN dapat di bedakan berdasarkan tiga karakteristik,
yaitu ukuran, teknologi, transmisi, dan topologinya. Teknologi transmisi yang
bisa digunakan adalah transmisi kabel tunggal. Pada LAN biasa, kecepatan
transmisi sekitar 10-100 (Megabit/second), dan fakto kesalahan kecil. Topologi
yang digunakan biasanya topologi Bus,Star dan Ring.
GAMBAR
GAMBAR JARINGAN LAN
2.Wide Area
Network (WAN)
Jaringan ini mencakup area yang
luas dan mampu menjangkau batas propinsi bahkan sampai negara yang ada
dibelahan bumi lain. Jaringan WAN dapat menghubungkan satu komputer dengan
komputer lain dengan menggunakan satelit atau kabel bawah laut. Topologi yang
digunakan WAN menggunakan topologi tak menentu sesuai dengan apa yang akan
digunakan. Topologi jaringan (bentuk jaringan ) Topologi Jaringan adalah
gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen-komponen jaringan,
yang meliputi server, workstation,hub/Switch dan pengkabelannya.
GAMBAR JARINGAN WAN
Terdapat tiga macam topologi jaringan umum di gunakan,
yaitu Bus, Star dan Ring.
Topologi jaringan merupakan suatu pola hubungan antara
terminal dalam jaringan komputer. Pola ini sangat erat kaitannya dengan metode access dan media pengiriman yang
digunakan. Topologi yang ada sangatlah tergantung dengan letak geografis dari
masing-masing terminal, kualitas kontrol yang di butuhkan dalam komunikasi
ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman data.
3.JARINGAN
INTERNET
Internet merupakan jaringan komputer yang global atau
mendunia. Karena internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung
secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih
mudah. Internet bisa dikatakan perpaduan antara berbagai jenis jaringan
komputer beserta topologi dan tipe jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.
Keuntungan dari jenis jaringan internet diantaranya
adalah komunikasi dan berbagai sumber daya daru satu jaringan ke jaringan yang
lain menjadi lebih mudah,penyebaran ilmu pengetahuan menjadi lebih pesat,
penyampaian informasi menjadi lebih cepat dan mudah dan menjadi ladang untuk
memperoleh penghasilan.
Kerugian dari jenis jaringan internet diantaranya
adalahkejahatan dunia maya atau cyber criminal menjadi luas, pornografi menjadi
semakin luas, transaksi barang-barang ilegal seperti narkoba menjadi marak, dan
juga dapat menimbulkan fitnah karena penyampaian informasi yang salah.
4.JARINGAN KEAMANAN
Keamanan Jaringan
adalah suatu cabang yang dikenal dengan nama KEAMANAN INFORMASI yang
diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai
perlindungan informasi terhadap pencurian atau pemeliharaan ketersediaan,
seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.
Macam-macam
ancaman keamanan jaringan antara lain :
a.
Hacking
b.
Trojan dalam sistem komputer
c.
Threat
d.
Exploit
e.
Denial of Service
f.
Bandwhith atau lebar pita
g.
Cracker
h.
Digital Signature
Jaringan internet bersifat
pablik. Sehingga memungkinkan bisa disadap oleh pihak lain. Untuk itu keamanan
menjadi useful terhadap kenyamanan jaringan komputer dan vulnerability satu
jaringan.
Adapun yang termasuk sistem keamanan komputer sebagai berikut ;
·
Hacker
·
Craker
·
White Hat
·
Black Hat
·
Script Kiddies
·
Elite Haker
·
Vulnerable
·
Security Hole
·
Bug
·
Exploit
·
Logical Bomb
·
Penetration Testing
Uji coba yang melakukan
vertifikasi dari mekanisme perlindungan yang di buat oleh sistem/ penguji
terhadap kelemahan sistem informasi perusahaan
Keamanan jaringan komputer
terutama jika kita menghubungkan komputer misalnya di lab komputer kantor atau
jaringan komputer rumah.keamanan jaringan melibatkan otoritas akses ke data dalam
jaringan, yang di kendalikan oleh administrator jaringan.Pengguna memilih atau
mempunyai ID dan pasword atau informasi otentikasi lain yang memungkinkan
mereka akses ke informasi dan program-program dalam otoritas mereka.
Keamanan jaringan mencakup berbagai
jaringan komputer baik negri maupun swasta yang digunakan dalam pekerjaan
sehari-hari melekukan transaksi dan komunikasi di kalangan bisnis,instansi
pemerintah dan individu
Jika diamati mengenai keamanan
maka keamanan jaringan komputer dapat di tinjau dari segi bentuknya yaitu
seperti berikut;
a.keamanan hardware
b.keamanan soft ware
BAB VI
KESIMPULAN
A.Kesimpulan
Jaringan komputer
(jarkom) adalah “interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel
atau tanpa kabel (wireless).
Dua unit komputer
dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi,
berbagi resource yang dimiliki, seperti:file,printer,media penyimpanan (hardisk,floppy
disk,cd-rom,flash disk,dll).
Tiap komputer,
printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan “node”.
Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangya terdiri dari dua unit komputer atau
lebih.
Peer to peer
adalah suatu model dimana tiap PC dapat memakai resource pada PC lain atau
memberikan resourcenya untuk dipakai PC lain, tidak ada yang bertindak sebagai
server yang mengatur sistem komunikasi dan penggunaan resource komputer yang
terdapat dijaringan, dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai
client maupun server pada periode yang sama.
Client server
merupakan modal jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer sebagai
server yang memberikan resourcenya kepada komputer lain (client) dalam jaringan
6 komentar:
oke siap bos good job
Pranala--> MENGENAL JARINGAN KOMPUTER
terima kasih, tulisan ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas.
htttp://blog.binadarma.ac.id/ariezaki/
terima kasih .blog nya sangat bermanfaat bagi kami
My blog
terimakasih article nya
My blog
terimakasih, makalah ini sangat bermanfaat
My blog
Posting Komentar